Rabu, 15 Agustus 2007


Seaworld Indonesia adalah sebuah taman biota laut yang terdapat dalam kompleks wisata terpadu Ancol Jakarta Baycity.
Pada tanggal 2 Oktober 1992, Gubernur DKI, Wiyogo Atmodarminto meletakkan batu pertama pembangunan Seaworld Indonesia. Dua tahun kemudian, pada tanggal 3 Juni 1994 SeaWorld Indonesia sudah mulai beroperasi. Area Seaworld seluas 3 hektar dengan luas bangunan utama 4.500 m2 berisi berbagai macam akuarium, lorong Antasena (lorong bawah air), perpustakaan, tempat penjualan makanan, toko suvenir, dan dilengkap dengan layar sentuh sebagai informasi satwa dan spesies di Seaworld.

Pembagian dalam Seaworld
Akuarium utama memelihara ribuan satwa laut Indonesia. Sebanyak 3500 spesis ikan laut Indonesia dipelihara disini (jumlah ini merupakan 37% dari jumlah jenis spesies ikan laut di dunia).
Ukuran akuarium ini mencapai 36 x 24 m, dan dalamnya bervariasi dari 4.5 hingga 6 m dan menyimpan 5 juta liter air asin. Karena besarnya akuarium utama ini tercatat sebagai akuarium air asin terbesar di Asia tenggara.
Area Air Tawar dilengkapi dengan koleksi koleksi satwa air tawar dari seluruh dunia, termasuk diantaranya piranha dari sungai Amazon dan belut listrik.
Lorong Antasena adalah lorong bawah air sepanjang 80m yang dioperasikan dengan pinjakan berjalan otomatis dengan kubah tembus pandang. Memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan "bawah laut" tanpa harus khawatir tersandung saat menengadah keatas untuk melihat ikan.
Aquarium Dugong dan Akuarium ekosistem laut yang berisi koral dan sponge yang memperlihatkan keindahan biota dalam laut.

Program Program Seaworld

Seaworld Indonesia Program magang
Seaworld Indonesia juga memberi kesempatan untuk murid murid mengerjakan pekerjaan sekolah, riset dan praktek kerja pada area area seperti Layanan Pengunjung (Customer Service), marketing, kuratorial, dan arsitektur.

Pendidikan

Program Pendidikan di Seaworld
Seaworld Indonesia juga menawarkan program belajar, "Belajar di Seaworld" , program ini dirancang khusus untuk mendukung mata pelajaran biologi dan untuk memenuhi rasa ingin tahu pelajar akan dunia laut. Programnya pertama di luncurkan pada bulan Agustus 1994 dan masih berjalan hingga kini untuk membantu pendidikan sekolah sekolah di seluruh Indonesia. Program ini terdiri dari:

Pengamatan ekosistim air pada ex situ dan pengelolaan lebih dari 500 biota, yang terbagi menjadi 350 spesies
Kertas kerja, dibagikan gratis untuk murid murid dari tingkat SD hingga SMA
Guru, untuk membantu murid yang menemukan kesulitan
Presentasi untuk topik topik tertentu bisa dilakukan bila membuat janji terlebih dahulu Program Khusus : Klub Si Woli
Seaworld memiliki Klub Si Woli dimana anak anak dapat menjadi anggota dari klub ini dengan membayar iuran tahunan sebesar Rp.100,000,-
Kemudian kelompok anak anak ini akan diajak berjalan jalan dengan tujuan berlayar di laut atau menjelajahi hutan. Perjalanan ini dimaksudkan agar anak anak tetap dekat dengan alam dan pembelajaran untuk menemukan hal hal baru.

Tidak ada komentar: