Minggu, 21 Oktober 2007


Wikia adalah perusahaan penyedia jasa hosting wiki (atau wiki farm) gratis yang didirikan pada 2004 oleh Jimmy Wales dan Angela Beesley dengan nama Wikicities. Secara khusus, Wikia ditujukan untuk komunitas, baik yang didirikan secara offline maupun yang sepenuhnya didirikan secara online. Wikia gratis baik bagi para pengunjung maupun para penyunting, dan memperoleh penghasilan dari iklan-iklan AdSense yang ditayangkan pada hampir seluruh wiki-wiki yang didukungnya.
Wikia mencakup banyak topik; proyek-proyek wiki untuk komunitas yang bercakupan luas boleh dibentuk di sana, kecuali gagasan-gagasan yang berbenturan dengan proyek-proyek Wikimedia yang melibatkan para pendiri Wikia. Wikia mengharuskan agar isi wiki-wiki yang didukungnya dilisensikan berdasarkan Lisensi Bebas GNU untuk dokumentasi, atau di multi-lisensikan berdasarkan GFDL dan lisensi-lisensi bebas lainnya. Topik-topik yang dibahas dalam Wiki-wiki yang ada di Wikia sering bertumpang tindih dengan artikel-artikel Wikipedia, dan komunitas-komunitas Wikia seringkali dihubungkan dengan artikel-artikel terkait dalam Wikipedia.
Wikia menggunakan piranti lunak MediaWiki yang diinstalasikan pada server-server Linux, dan menyatakan bahwa mereka menyediakan bantuan teknis dan sosial dalam semua aspek yang berhubungan dengan pembinaan suatu komunitas wiki.
Wikiasari (yang sebelumnya bernama Wikia) adalah proyek terdahulu yang dijalankan oleh Jimmy Wales yang berusaha membuat mesin pencari tentang copyleft .

WikiaWikia Perusahaan
Wikia, Inc. adalah perusahaan yang berpusat di San Mateo, California.

Tidak ada komentar: